Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Memaknai arti sebuah “Kekalahan” sebagai sebuah “Kemenangan”

Membicarakan mengenai kekalahan, pertama kali yang terlintas di benak pikiran adalah perasaan kecewa dan sedih karena harapan untuk meraih kemenangan gagal. Tapi apakah kita tahu, ternyata dibalik kekalahan tersebut ada hikmah yang dapat dijadikan pelajaran untuk menjadi lebih baik kedepannya??? Yaaa… terkadang kita lupa akan itu
Kekalahan bisa jadi membuat kita semakin takut untuk mencoba lagi, tetapi ada juga yang dijadikan sebagai pelecut semangat baru untuk bangkit dan meraih KEMENANGAN…
Untuk hal ini, saya setuju untuk menjadikan Kekalahan sebagai bahan pembelajaran bagi kita untuk bangkit dan semangat meraih sebuah kemenangan.
Mungkin setiap manusia di dunia ini kebanyakan memilih kemenangan daripada kekalahan. Tak bisa dipungkiri, bahwa kemenangan itu menggembirakan. Tapi inilah hidup yang berputar seperti Roda, terkadang kita ada di posisi bawah saat kita mengalamiKekalahan/Kegagalan, terkadang juga kita berada di posisi puncak saat kita meraih Kemenangan/Keberhasilan. Dan semua itu harus syukuri dan kita sikapi secara positif.
Saat kita mendapatkan Kemenangan/Keberhasilan, hendaklah untuk bersyukur atas kemenangan yang didapat dan berusaha pertahankan kemenangan itu. Sebaliknya, apabila kita mendapatkan sebuah Kekalahan/Kegagalan, janganlah terlalu larut dalam kesedihan, sepatutnya juga kita untuk bersyukur, mungkin ini adalah langkah awal untuk menuju kesuksesan dan cara untuk mengurangi kesombongan hati.
Namun, tahukah kita semua???? “bahwa menerima kekalahan secara dewasa, sabar dan tanpa rasa dendam serta memberikan rasa selamat terhadap pihak yang menang itu sangatlah sulit.” (bisa dipraktekan sendiri)
Jadi menurut saya, seseorang yang mengalami kekalahan, bisa saja dianggap sebagai pemenang apabila ia menerima kekalahannya dan mampu memberikan rasa selamat kepada pihak yang menang tanpa ada perasaan dendam. :)

Sumber : http://prisai.wordpress.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar